Master Filsuf

UJIAN TENGAH SEMESTER

MATA KULIAH         : FILSAFAT ILMU

BOBOT                           : 2 SKS

TEMPAT UJIAN       : TAKE HOME

SIFAT UJIAN            : OPEN BOOKS, TIDAK DISKUSI,

TIDAK MANCENEK

DOSEN                      :

SOAL

  1. Kemukakan minimal 5 perbedaan antara kebenaran ilmu dengan kebenaran filsafat. Jelaskan masing-masing perbedaan itu dan beri contoh.
  2. Kemukakan minimal 5 perbedaan ilmu dengan pengetahuan mistik. Jelaskan masing-masingnya dan beri contoh.
  3. Kemukakan minimal 5 dampak positif dan negatif mempelajari filsafat ilmu bagi guru. Jelaskan masing-masing dampak itu dan beri contoh.
  4. Kemukakan minimal 5 perbedaan guru yang memahami filsafat ilmu dengan yang tidak mempelajari filsafat ilmu dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Jalaskan  masing-masingnya dan beri contoh.
  5. Kemukakan minimal 5 alasan,  bahasa sebagai sarana berfikir ilmiah. Jelaskan masing-masing alasan itu dan beri contoh.
  6. Kemukakan minimal 5 perbedaan antara matematik dengan statistik sebagai sarana berfikir ilmiah, jelaskan masing-masingnya dan beri contoh.
  7. Kemukakan minimal 5 perbedaan antara logika dan instink, jelaskan masing-masingnya dan  beri contoh.
  8. Kemukakan minimal 5 alasan kenapa instink dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan, jelaskan masing-masingnya dan beri contoh.
  9. Kemukakan minimal 5 perbedaan antara filsafat ilmu dan ilmu filsafat, jelaskan masing-masing perbedaan itu dan beri contoh.
  10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ilmu agama dan ilmu moral, masing-masing beri contoh
  11. Kemukakan minimal 5 tahapan sejarah perkembangan ilmu dan jelaskan dengan situasi yang terjadi dari setiap tahapan tersebut
  12. Karakteristik ke arah pemikiran filsafat antara lain mendasar, menyeluruh, dan spekulatif, kemukakan kaitan ketiga konsep tersebut dalam penemuan pemikiran filsafat pendidikan, masing-masing beri contoh dalam dunia pendidikan.
  13. Terdapat tiga macam kebenaran menurut sebagian ahli, antara lain kebenaran koherensi, kebenaran korespondensi, dan kebenaran pragmatis. Jelaskan perbedaan ketiganya dan masing-masingnya beri contoh dalam dunia pendidikan
  14. Kemukakan contoh dalam bentuk karangan (masing-maing minimal satu lembar) tentang logika berfikir induktif dan logika berfikir deduktif.

Catatan :

  1. Kumpulkan paling lambat 1 minggu pertemuan berikutnya
  2. Semakin bertambah nilainya, jika setiap pernyataan dalam penjelasan diperkuat atau mengutip dengan sumber bacaan yang relevan

SELAMAT BEKERJA, TANPA DISKUSI DAN TIDAK JIMPLAKAN

Unduh Jawabannya di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: